Tuesday, December 26, 2006

Mari Menabung

Rata2 orang menabung bagi sebagian orang buat jaga2 di suatu hari nanti. Dimana pas lg ada keperluan, n ga ada uang. Nah pada saat itu kta bisa memakai uang tabungan kita. Tp bagi aku sendiri, sangat sulit memulai menabung. Walaupun waktu kecil dah dibiasain oleh ibu aku tuk berbudaya menabung. Aku terakhir menabung cuman sampe SMP aja. Itupun karena waktu itu masih dikampung dan masih ada yg ngingatin buat nabung. Yaitu ibu aku.

Sesudah aku pergi merantau ke bandung, udah dech, dari situ aku ga pernah manabung lg. Sampai sekarang, udah kerja jg msh blom bisa nabung. Padahal aku pengen bangat nabung.

Andi darmawan, teman se kuliahan, se kantor, se kosan lg. Dia nabung sehari 10.000, sampe2 dari uang tabungannya dia bisa beli hp nokia cdma. Hebat kan. Tp kata dia, dia jg susah nabung, tp klo ga dipaksaain dia ga akan bisa nabung2. Itu kata dia, jd mesti dipaksaain klo emang susah nabung.

Jd ingat dengan satu cerita yg saya baca di email saya. Jd saat itu, udh masuk masa hari raya haji. Jd sebagian orang pasti siap2 buat qurban, bagi yg mampu n ada niat. Jd ceritanya di salah satu tempat penjual hewan qurban(kambing/domba), ada seorang nenek(wanita yg dah rada2 tua), yg kerjaannya menjual barang2 rumah tangga kyk sapu, kemoceng, lap tangan, n lain2nya yg berhubungan ma alat2 rumah tangga.Tp yg pasti barang yg simple2 aja.

Jd si nenek itu, berdiri lama di situ sekalian liat2 orang yg lagi transaksi(tawar menawar) hewan qurban. Dan ketika orang udah mulai sepi, n ada seorang wanita yg baru aja selesai tawar menawar, dan lg menunggu kwitansi nya dr sang penjual. Si wanita itu merasa tertarik dengan si nenek itu, n bertanya kepada si nenek itu mau ngapain dari tadi di situ berdiri aja. Di dalam benak si wanita itu, mungkin si nenek itu mau minta sedekah dari si pedagang hewan qurban itu.

Dan ternyata............., si nenek itu mau membeli kambing/domba si penjual itu untuk di qurbanin. Alangkah terkejutnya si wanita itu, ternyata pikiran dia yg sebelumnya tidak lah benar 100%. Malah kebalikannya. Bukan meminta uang seperti pengemis, tp justru mempunyai niat yg sangat baik, membeli kambing/domba buat berqurban.

Kata si nenek itu, dia saban tahun selalu berusaha untuk berqurban. Dia bisa berqurban, karena saban hari si nenek itu selalu menabung 1000, dan klo lagi banyak yg laku si nenek itu nabungnya 2000. Itung2 klo suatu saat si nenek itu sakit katanya. Jd, si nenek itu bisa ngumpulin uang kira2 365.000 s/d 400.000 setahun (365 hari X Rp1000).

Hebat ya si nenek itu. Mungkin klo kita atw saya sendiri, dengan biaya sebulan atw 2 bulan aku jalan2 ke mall, beli2 komik, atw nonton bioskop, dan lain2nya, aku dah bisa beli kambing/domba seharga 400rb an. Setelah baca email itu, aku jd malu sendiri ma diri ku sendiri.

Intinya sih adalah menabung. Klo kita mau atw ada niat, kita pasti bisa nabung. Mudah2an aja dengan cerita diatas ini, hati aku tergugah buat nabung. :P

1 comment:

Agus Ramada said...

Assalammualaikum,Salam Peternak! Si nenek berarti sudah merencanakan ibadah qurban dari sejak dini. Cerita yang bagus untuk semangat qurban.Apakah boleh diposting pada Blog Saya? www.dombagarut.blogspot.com.Wassalam.Agus.